Scholarship Hunter


Selasa, 24 Januari 2017 saya berkesempatan untuk mengikuti workshop tentang beasiswa Fulbright. Sudah pada tahu kan apa itu beasiswa Fulbright? Jika belum tahu, ayo jangan malas searching ke google atau baca postingan saya sebelumnya "How to Win Fulbright Scholarship".

Sosialisasi dari AMINEF kali ini mengusung tema "Penulisan Study Objective dan Proposal Penelitian Fulbright Scholarship" dimana pada workshop ini dihadiri langsung oleh 2 perwakilan dari AMINEF yaitu mbak Nurisye dan mbak Yenni dan pembicaranya oleh kak Rudi Hartono alumni dari Idiana Unversity USA penerima Fulbright Scholarship.

Banyak hal yang saya dapatkan dari workshop ini yang sebelumnya belum pernah saya baca atau saya dengar dari para pemburu beasiswa. Contoh kasus, mbak Nurisye bercerita "dahulu ada seorang ibu-ibu memasukkan aplikasi untuk beasiswa Fulbright dan setelah di periksa ternyata dia adalah satu-satunya pengirim aplikasi dari sSlawesi untuk study tentang kesehatan. Sebenarnya TOEFL dia tidak terlalu besar hanya sekitar 540. Berhubung dia hanya satu-satunya pengirim aplikasi maka dipanggilah untuk wawancara guna melihat kesiapannya untuk ke Amerika dan sekarang dia lagi study di Amerika." Kesimpulan dari cerita ini sebenarnya mengajarkan kepada kita bahwa "sesuatu jika sudah ditakdirkan menjadi milik kita tidak akan tertukar apalagi diambil orang" yang penting adalah KEMAUAN dan USAHA.

American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) merupakan yayasan nirlaba dwi bangsa yang mengelola Beasiswa Fulbright dan beasiswa Pemerintah Amerika lainnya di Indonesia. Didirikan tahun 1992, dan untuk informasi lengkapnya bisa cek di link berikut: www.aminef.or.id.

Workshop berjalan lancar kurang lebih 2 jam berlangsung dengan tertib. Lokasi Workshop di kantor BP2LHK (Badan Penelitian 2 Lingkungan Hidup Kota) lantai 2. Jumlah peserta yang hadir kurang lebih sekitar 20 orang. Para peserta sangat antusias sekali menyimak materi yang disampaikan oleh pembicara dan pada sesi tanya jawab peserta juga aktif bertanya. Diantara pertanyaan yang dilontarkan, yaitu:

Tanya: Apakah Fulbright Scholarship untuk jenjang pendidikan S3 mengharuskan pelamarnya memiliki LOA (Letter of Acceptance) dari Universitas yang dituju seperti penyedia beasiswa lainnya?
Jawab: Tidak, Fulbright tidak seperti demikian. AMINEF akan membantu calon siswa mencarikan kampus yang cocok untuk mereka sampai diterima.

Tanya: Apakah Fulbright Scholarship meng-cover untuk siswa yang sudah berkeluarga?
Jawab: Fulbright akan membantu mengurus visa keluarga siswa, tapi tidak untuk biaya hidup selama di Amerika. Jadi Fulbright hanya menanggung beban siswa tidak untuk keluarga yang mereka bawa.

Tanya: Bagaimana jika siswa tersebut ketika awal kuliah masih single tapi setelah satu tahun dia menikah. Apakah tetap tidak di-cover oleh AMINEF?
Jawab: Tidak.

Tanya: Apakah sistem penyeleksian calon penerima beasiswa Fulbright digabungkan dari seluruh wilayah Indonesia? Atau seperti apa?
Jawab: Aplikasi yang diseleksi berdasarkan wilayah masing-masing. Karena kenapa? Dari total keseluruhan pelamar beasiswa, 70% itu berasal dari pulau Jawa. Itulah mengapa AMINEF lebih fokus ke daerah-daerah yang masih sedikit jumlah pelamarnya seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan lain-lain.

Terus terang, informasi yang saya dapatkan saat itu banyak sekali. Sampai-sampai saya lupa mereka tadi ngomong apa. Ibarat gelas yang penuh berisi air sudah meluber kemana-mana hehe. Untuk lebih jelas, materi bisa didownload DISINI.

Eitss jangan takut materinya ilegal atau materi palsu. Izin menyebarkan materi sudah saya lakukan sebelum tulisan ini saya buat. Jadi teman-teman boleh share materi tersebut kesiapa saja, kapan saja dan dimana saja. karena materi ini GRATIS TIS TIS TIS.


Foto bersama dengan seluruh peserta workshop

#ScholarshipHunter #LetsBreakTheLimits #FulbrightScholarship

Author:

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan menggunakan opsi Name/URL. Mohon jangan komentar SPAM..! Karena komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya
Terimakasih...!!!