HP Pertama

cdn[dot]images[dot]express[dot]co[dot]uk
Saya ingin bercerita tetang HP Pertama yang saya miliki. Waktu saya kelas 2 SMP tahun 2005 HP belum secanggih seperti sekarang ini. Perusahaan HP yang menguasai pasaran adalah NOKIA, dan HP yang saya miliki adalah NOKIA 3310 warisan dari kakak perempuan saya jreng jreeeng *suara gitar. Kemudian selang beberapa bulan, saya ganti HP dengan merek yang sama namun seri berbeda yaitu NOKIA 3315 haha. Lantas apa bedanya? Bedanya hanya di-ringtone, 3310 ringtone internal dan 3315 ringtone bisa buat sendiri dengan cara mengetik nada.

Dulu HP belum bisa memutar lagu, jadi kalau mau dengar lagu menggunakan NSP (Nada Sambung Pribadi). Kalau ada teman yang memasang NSP, siap-siap HP nya akan selalu berdering karena miscall untuk mendengarkan NSP doang.

Karena saya tinggal di pelosok desa, Suku Ranau yang bermukim di Desa Surabaya Kec.Banding Agung Kab. OKU Selatan Prov. Sumatera Selatan. Sinyalnya juga amat susah karena belum ada tower sinyal di tempat saya tinggal kala itu. Jadi kalau mau menggunakan HP harus memasang tiang antena penangkap sinyal yang tinggi di luar rumah atau duduk dipinggiran Danau Ranau untuk mendapatkan pantulan sinyal dari Provinsi Lampung, miris bukan?

Saya ingat betul, dan masih terbayang jelas dibenakku ketika HP itu mendapat sinyal pertama kali menggunakan tower di rumah dan orangtua menelpon keluarga yang ada di Palembang. Aduuuh gaduh sekali haha, seperti anak kecil yang baru dapat mainan baru, seperti itulah perasaan kami saat itu. Sehingga menelpon tanpa henti sampai larut malam dan berebut ingin memainkan HP. Maklum HP nya cuma satu dan semua orang ingin memainkannya. Kalau ingat momen itu, saya jadi senyum-senyum sendiri. Pulsa HP jaman dulu tidak ada yang 5rb atau 10rb-an. Paling murah 50rb, 100rb dan 200rb.

Jaman dulu, orang yang sudah punya HP itu keren sekali. Sehingga nada dering harus MAKSIMAL. Supaya ketika ada yang menelpon atau sms orang=orang pada tau kalau kita punya HP *mmmm leh juga.

Mengirim foto juga tidak bisa dengan NOKIA 3310. Hanya gambar hitam putih atau membeli gambar dengan harga sekitar 2rb-5rb. Harga yang cukup mahal jaman itu. mengirim gambar menggunakan fasilitas MMS, ini sebelum kenal dengan teknologi infrared. Masih sangat jadul sekali.

NOKIA 3310/3315, HP super canggih dan bandel. Kalau dilemparkan ke Anj*ng, HP nya tidak kenapa-napa justru anj*ng nya yang lari tunggang langgang. Kalau masuk ke dalam bak mandi, cukup dibongkar dan dikeringkan menggunakan lap atau kipas atau masukan kedalam beras, kemudian akan hidup kembali. Sekarang sudah sulit mencarinya, kalaupun ada mungkin punya kolektor HP jadul. Meskipun saat ini sudah ada NOKIA 3310 versi terbaru tahun 2017, tapi NOKIA 3310 jaman dulu lebih berkesan, lebih bandel, dan penuh dengan cerita yang tidak mungkin dilupakan.



Taqrim Ibadi
Coretan #PenulisPemula

Author:

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan menggunakan opsi Name/URL. Mohon jangan komentar SPAM..! Karena komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya
Terimakasih...!!!