Open Recruitment Relawan Dompet Dhuafa Sumsel


Open Recruitment Dompet Dhuafa Volunteer Sumatera Selatan merupakan sebuah acara tahunan yang dilakukan oleh para relawan Dompet Dhuafa dibawah naungan yayasan Dompet Dhuafa, guna mencari kader-kader baru untuk berpartisipasi dalam kerelawanan membantu sesama.

28 Agustus 2016, alhamdulillah acaranya berjalan dengan lancar. Kegiatan ini meninggalkan bekas dihati dan benak para peserta calon relawan. Mendapatkan pengalaman yang baru, teman baru, ilmu baru, relasi baru, atau mungkin ada yang mendapatkan gebetan baru hehe.

Peserta kegiatan tahun ini di ikuti oleh kurang lebih sekitar 60 orang dari berbagai latar belakang profesi dan mereka memiliki visi serta misi yang sama yaitu menjadi relawan dalam berbuat kebaikan.
Olahraga pagi sebelum memulai materi
Lokasi acara tahun ini bertempat di Komplek Perkantoran Dinas Kehutanan Kota Palembang. Acara dimulai dari jam 07:00 pagi. Dengan rangkaian acara olahraga pagi terlebih dahulu sebelum masuk pada acara inti. Jadi relawan itu tidak hanya harus sehat hati dan fikiran, tapi fisik juga harus sehat. Bagaimana kita mau membantu orang lain dalam kebaikan jika fisik kita saja suka sakit-sakitan yang ada nanti bukan kita membantu orang lain tapi orang lain yang membantu kita, betul?
Sambutan dari Perwakilan Yayasan Dompet Dhuafa
Acara selanjutnya masuk pada acara inti, para peserta diarahkan menuju masjid masih pada area perkantoran. Kata sambutan dari berbagai pihak, seperti: perwakilan dari Yayasan Dompet Dhuafa dan Ketua koordinasi DDV Sumsel sekaligus membuka acara dihari itu.
Suasana Pembekalan Materi
Kemudian dilanjutkan dengan Pembekalan Materi Kerelawanan untuk para peserta. Disini mereka diajarkan banyak hal tentang kerelawanan, relawan itu apa, apa yang perlu diketahui dalam dunia kerelawanan, hal apa saja yang tidak boleh dalam kerelawanan dan banyak hal berkaitan dengan kerelawanan sehingga para peserta ketika mengikuti rangkaian acara hari itu mereka tidak hanya mendapatkan pengalaman tapi juga ilmu yang insyaAllah bermanfaat.
Suasana di lapangan masjid - 1
Suasana di lapangan masjid - 2
Selesai acara pembekalan materi, para peserta kemudian di arahkan menuju lapangan masjid dan membentuk kelompok-kelompok kecil. Acara selanjutnya di isi dengan games refreshing otak yaitu bermain dengan tali rapia. Tali rapia? Iya betul tali rapia :)
Suasana diskusi projek relawan - 1
Suasana diskusi projek relawan - 2
Suasana diskusi projek relawan - 3
Bermain games nya sudah selesai, acara selanjutnya masih tetap dengan kelompok yang sudah di bentuk sebelumnya. Sekarang para relawan disuruh memikirkan sebuah projek yang akan di lakukan, diskusi dengan team dan ditulis pada kertas karton yang telah disiapkan oleh panitia. Gunanya untuk apa? Setiap orang memiliki ide yang berbeda, tapi kebanyakan hanya difikirkan saja tidak ada tindakan lanjut atau dituangkan dalam bentuk nyata (tulisan). Alangkah baiknya jika ide tersebut bisa terealisasi dan tentunya setelah melalui tahap diskusi yang panjang dan pertimbangan yang matang dari para anggota kelompok.
Penampilan yelyel, uji pengetahuan dan pemaparan projek - 1
Penampilan yelyel, uji pengetahuan dan pemaparan projek - 2
Penampilan yel-yel, uji pengetahuan dan pemaparan projek - 3
Akhir dari acara hari itu adalah setiap kelompok akan menampilkan yel-yel yang telah mereka buat sebelumnya, uji pengetahuan tentang materi kerelawanan, dan pemaparan projek yang telah mereka diskusikan dari awal dibentuknya kelompok. Para peserta terlihat begitu antusias sekali, mereka bersemangat ketika menampilak yel-yel, mereka sangat cakap dalam menjawab pertanyaan yang diajukan dan mereka sangat mahir dalam memaparkan hasil projek mereka. mmmm we proud of you.
Foto bersama
Puncak acara yaitu foto bersama dengan seluruh relawan yang baru maupun yang lama. Dengan mengucapkan hamdalah (Alhamdulillah), acara hari itu ditutup dengan penuh rasa kekeluargaan. Selamat data para relawan baru, selamat datang di keluarga besar Relawan Dompet Dhuafa Sumatera Selatan. Terbarkanlah virus kebaikan antar sesama dan junjung tinggi motto kita,"1 Hari 1 Kebaikan". SEMANGAT :D

Galeri Foto:

 
 

Author:

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan menggunakan opsi Name/URL. Mohon jangan komentar SPAM..! Karena komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya
Terimakasih...!!!