Travel Cultural and Bloging - AkberPLB74


Kamis, 21 Juli 2016
Akademi Berbagi Palembang kali ini membuka kelas berbarengan dengan acara Festival Sriwijaya XXV, sehingga kelasnya dilaksanakan secara berlanjut selama 4 hari di tempat yang sama, waktu dimulainya sama, tapi dengan guru yang berbeda-beda tentunya.

Kelas Travel Cultural & Blogging, digurui oleh mba Terry Endropoetro. Beliau adalah founder dari NEGERI (kita) SENDIRI bisa cek di website www.negerisendiri.com, seorang Trip Organizer, Penikmat Kuliner, Penulis Perjalanan dan Kuli Desain (katanya). Mba Terry bisa dihubungi melalui:
Email: terry@negerisendiri.com
Twitter: @negeriID
Instagram: @negerikitasendiri
Hp: 081319812589
Suasana kelas Travel Cultural and Blogging
Terus terang, saya bingung untuk menulis review dari materi yang telah mba Terry sampaikan, karena memang materinya dari awal sangat menarik, dengan bahasa penyampaian yang mudah di pahami, dan kelasnya juga cukup ramai. Mba Terry mengajarkan banyak hal tentang perjalanan dan bagaiman menulis hasil dari perjalanan kita pada blog. Melakukan perjalanan kesuatu daerah yang belum pernah kita kunjungi dan menuangkan kisah kita dalam bentuk tulisan merupakan suatu hal yang luar biasa menurut saya, selain kita berbagi informasi untuk mereka yang ingin kesana, kita juga punya kepuasan tersendiri karena dengan begitu sejarah kita telah tercatat dan suatu hari catatan tersebut mungkin akan berguna untuk generasi setelah kita layaknya ilmuan-ilmuan terdahulu. Seandainya mereka tidak menuangkan ide mereka dalam bentuk tulisan atau mendokumentasikan kisah perjalanan dan ilmu mereka mungki kita belum semodern seperti sekarang ini.

Menurut mba Terry, untuk materi yang akan kita tulis di blog ada begitu banyak informasi yang bisa kita ulas dari tempat yang kita kunjungi jika kita punya sifat "selalu ingin tahu".

Tempat ibadah salah satu tempat yang jika kita telusuri menyimpan begitu banyak cerita menarik. Misalnya masjid, kita bisa mengobrol dengan marbot (penjaga masjid) atau masyarakat sekitar, klenteng dan tempat ibadah lainnya bisa kita tanyakan lansung dengan penjaga setempat. Kapan dibangun, oleh siapa, kenapa, bagaimana dan masih banyak informasi yang bisa kita gali lebih jauh lagi.

Jika kita tertarik untuk menulis diblog tentang kuliner. Ketika kita sedang wisata kuliner, tak hanya mencicipi makanan khas, tapi juga upayakan untuk menyaksikan proses pembuatan, mengetahui sejarah, dan latar belakangnya sampai ke penyajiannya. Dengan begitu, kita akan lebih menikmati ketika menyantapnya dan materi yang akan kita tulis tentu lebih banyak, lebih lengkap dan lebih akurat.
Inti dari menulis adalah "Seberapa besar keingintahuan kita dan bagaimana mengolahnya menjadi sebuah tulisan", Terry Endropoetro (2016).
Sedikit mengingat sejarah perjalanan mba Terry, beliau kerja sudah 16 tahun kemudian keluar (resign) pada tahun 2012 akhir. Nabung 5 bulan untuk pergi ke Ambon dan Bandanera. Waktu itu mba Terry minta surat cuti ke atasan dengan tujuan jika cutinya di tolak maka itu akan menjadi alasan utama dia untuk keluar dari tempat dia bekerja saat itu alasannya karena suatu hal, tapi ternyata cuti nya di-izinkan. Pada akhirnya beliau pun tetap memilih keluar dari dunia pekerjaan yang telah lama dia geluti, dan melakukan perjalanan pertama dan terjauh yaitu ke Ambon dan Bandanera.

Mba Terry pernah memenangkan kompetisi blog dalam "Jejak Maha Karya" sebagai pemenang pertama. Pesan mba Terry,"Jika mau ikut kompetisi blogger: serius, jangan menggunakan bahasa singkatan, dan alur cerita harus bagus". Pesannya juga,"Traveler blog tidak semuanya di bayar, ada yang dibayar ada juga yang tidak. Tergantung kita, apakah akan kita ambil tawarannya atau tidak". Mba Terry bercerita, pernah suatu ketika dia ditawari oleh perusahaan X untuk melakukan perjalan, tapi biaya yang diberikan oleh perusahaan X hanya sebatas ongkos keberangkatan dan pulang, sedangkan biaya selama di perjalanan tidak ada dan mba Terry tetap mengambilnya. Tidak lama dari perjalanan tersebut, ada perusahaan Y menawari mba Terry untuk suatu perjalanan dan dibiayai seluruhnya dari ongkos pulang - pergi sampai biaya selama dalam perjalanan, setelah ditanya dapat kontak dia darimana? Ternyata perusahaan Y mendapatkan kontaknya dari perusahaan X. Intinya adalah besar atau kecil rejeki yang kita dapat tetap harus kita sukuri karena janji Tuhan,"akan kutambahi nikmat bagi mereka yang pandai bersukur".

Kebiasaan mba Terry dalam menulis, yaitu membaca tulisannya 2-3 kali sebelum tulisan tersebut diposting. Tujuannya agar mengurangi kesalahan pada penulisan atau mungkin akan ada penambahan atau pengurangan dari segi materi.

Untuk menulis materi blog tentang suatu tempat, kita bisa bertanya langsung dengan penduduk pribumi atau dengan sumber terpercaya. Kemudian untuk melengkapi materi, kita bisa mencari bahannya di internet.

Pesan terakhir dari mba Terry sebelum kelas di tutup,"Untuk menulis, isi dengan hal yang kita sukai." Dengan begitu, ketika menulis kita akan senang dan materinya sudah kita kuasai.
Foto bersama dengan mba Terry
Foto bersama setelah kelas Mba Terry

Author:

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan menggunakan opsi Name/URL. Mohon jangan komentar SPAM..! Karena komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya
Terimakasih...!!!