Instagenic Food Content - AkberPLB78


Hai Akberians (*sebutan untuk para peserta), kali ini kelas Akademi Berbagi Palembang mengusung tema "Instagenic Food Content" dengan guru yang keceh kak Nesia dan kak Rangga dari Makan Apa Palembang.

Sudah pada tahu kan apa itu Makan Apa Palembang? Itu loh sebuah akun yang ada di Instagram dengan nama @makanapa.plg dan founder-nya mereka berdua. Cerita punya cerita, mereka berdua ini tidak pacaran loh tapi partner kerja (Sumber: Nesia). Meskipun sering kemana-mana berdua, tapi mereka tidak baper loh ya hehe.



AkberPLB78
Mereka berdua ini memang sudah dekat sejak di bangku kuliah, lulusan Arsitek dari Universitas Sriwijaya dan sekarang bekerja di Interior dan Design. Makan Apa Palembang itu sendiri dibuat pada tanggal 13 Januari 2014, mereka berbagi tentang informasi makanan, pengalaman-pengalaman yang berhubungan dengan makanan, informasi restoran-restoran baik yang baru buka maupun restoran yang telah lama beroperasi di Palembang melaui instagram.

Tetapi tidak terbatas demikian saja, mereka juga tetap berbagi mengenai gaya hidup dan informasi makanan di luar Palembang. Jika di tanya bagaimana prospek Makanapa ini, mereka mengaku telah di undang oleh puluhan pengusaha kuliner untuk mencicipi dan memberi masukan untuk restoran mereka yang kemudian oleh Makanapa di posting ke akun instagram @makanapa.plg

Berkat Makanapa ini juga, mereka berdua sering kali di undang untuk mencicipi makanan gratis tapi ada timbal balik tentunya. Dan menurut mereka jika hanya berfikir untuk makan gratis mending tidak usah membuat hal seperti ini, karena akan membuat malu diri sendiri dan ketidak profesionalan kita.

Tips:
  • Be your self
  • Good Content
  • Networking
Sebelum kita melakukan sesi foto makanan, hal yang tidak kalah penting harus kita lakukan terlebih dahulu yaitu "bangun netwoking", bisa bertanya nama makanan,kenapa membuat makanan ini, dan lain sebagainya. Intinya kita harus menunjukkan ketertarikan kita dengan mereka dan membuat mereka nyaman dengan kita sehingga kedepannya kita bisa saja menjadi partner atau bisa juga menjadi seorang teman.
Sesi penyampaian materi
Kak Nesia dan kak Rangga ini berhubung sudah sering sekali di undang untuk datang oleh pengusaha kuliner mereka menekankan bahwa,"jangan memanfaatkan keadaan, di undang datang untuk mencicipi makanan mereka yang datang 20 orang", *kenapa ga sekalian aja sekampung haha.

Di akun @makanapa.plg founder ketika memposting sebuah gambar, captions-nya menggunakan bahasa Inggris sehingga sering sekali orang bertanya,"kenapa sih kak ketika memposting menggunakan bahasa Inggris? kenapa tidak menggunakan bahsa Indonesia saja?". Pertanyaan ini juga sudah dijawab oleh kak Nesia di kelas AkberPLB78 bahwa mereka ingin Makanapa.plg dikenal orang secara global dan tidak hanya lokal di Indonesia saja tapi mereka ingin memudahkan lebih banyak orang dan yang menikmati bukan hanya orang Palembang tapi harapannya para pendatang dari mancanegara juga.
Sesi peragaan cara memotret makanan
Menghasilkan foto menarik untuk media sosial dengan cara sederhana:
1. Kuasai Gadget yang kamu miliki, maksimalkan gadget, jika perlu gunakan perangkat tambahan.

2. Lighting (pencahayaan), di Makanapa mereka menggunakan natural lighting tidak menggunakan profesional lighting.

Makanapa selalu makan dekat dengan jendela untuk memudahkan pencahayaan ketika akan dipotret. Untuk pencahayaan jangan pilih cahaya yang keras, upayakan cahaya makanan dari samping atau dari belakang makanan.

Replektor, si putih untuk memantulkan cahaya dan yang hitam untuk menambah efek bayangan pada objek. Kemudian kertas alas kue (bolu) bisa dijadikan sebagai alat tambahan.

3. Angle, High Angle, Front Angle dan Top Angle
4. Editing
5. Be Creative

Ketika sesi tanya jawab, ada seorang peserta bertanya kepada kak Nesia,"Kak Nesia dan kak Rangga apakah tertarik untuk membuat usaha kuliner kedepannya?". Kemudian di jawab,"Tentu tertarik dan memang dari dulu sudah mulai belajar usaha di dunia kuliner. Tapi untuk saat ini mungkin menjual jasa terlebih dahulu sekalian mencari modal utuk usaha".

Aturan yang diterapkan Makanapa.plg itu sendiri untuk memposting foto di akun mereka diantaranya: Jika mereka datang ke tempat kuliner dan tertarik untuk memposting, mereka akan memposting 1-2 foto. Tapi jika mereka di undang ke tempat kuliner, mereka akan kenakan biaya dan akan memposting 6-7 foto dari tempat yang menggunakan jasa mereka.

Untuk jadwal posting foto itu sendiri Makanapa awalnya dulu 3 foto sehari, bisa pagi, siang dan malam. Kalau sekarang mungkin sekitar 2 foto, mengingat jadwal kesibukan Kak Nesia dan Kak Rangga begitu padat mengejar deadline kerjaan.

Sesi foto bersama

Author:

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan menggunakan opsi Name/URL. Mohon jangan komentar SPAM..! Karena komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya
Terimakasih...!!!