Akademi Berbagi - Kelas Public Speaking


Akademi Berbagi Palembang kembali membuka kelas tentang "Public Speaking - Berani jadi MC". Sabtu, 27 Februari 2016 di kantor Telkomsel Gedung MDP IT Store lantai 6.

Pembicara: Didi Faldian
Seorang Presenter, MC, Wedding Organizer, dan Penyiar Radio MOMEA.

Sungguh menarik sekali tema yang di tentukan oleh komunitas AkberPLB ditambah juga pembicanya yang memang sudah mumpuni dibidangnya. Didi Faldian seorang Sarjana Ekonomi (begitu katanya), mengawali karir dalam dunia MC sejak tahun 2006, yang mana MC pertamanya waktu itu di Universitas Muhammadiyah Palembang dalam suatu acara yang diadakan oleh pihak kampus dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam dengan honor yang didapat sebesar Rp. 150.000.00. Miris memang, tapi begitulah adanya nasip bagi seorang MC yang baru akan memulai karirnya dikasih honor yang menurut kita tidak manusiawi.

Sekarang, Didi Faldian untuk tarif yang dipasang sudah cukup berkelas. Karena memang jam terbangnya cukup padat. Jadi teman-teman kalau mau melihat seberapa mahal MC tersebut, coba lihat jam terbangnya. Kalau jamnya sudah terbang kemana-mana itu artinya dia sedang marah dan jangan coba-coba untuk mendekati jika tidak ini terkena lemparan jam terbangnya hehe.

Didi juga bercerita bagaimana pengalaman dia ikut seleksi sebagai penyiar radio MOMEA waktu dulu, Dia membeberkan beberapa tes yang sempat dia lalui hingga bisa menjadi penyiar radio di MOMEA, yaitu: Tes Vokal, Tes Pengetahuan Umum, Tes Pengetahuan tentang Musik (3 musik barat dan 1 musik Indonesia).

Dalam kesempatan ini, Didi Faldian sharing tentang bagaimana menjadi seorang MC (Master of Ceremony). DImana MC adalah Master yaitu penguasa dan Ceremony yaitu Acara (Faldian, 2016).

"Kalau mau menggeluti dunia MC, kita harus sabar, dan cekatan", Didi memberitahukan.
"Kita harus menjemput bola, jangan hanya menunggu. Kalau menunggu kita tidak akan kaya tapi kuyu", Didi menambahi sambil tertawa kecil.

Jika seandainya kita di ajak menjadi seorang MC acara yang diadakan oleh suatu perusahaan tentang produk baru mereka. Kita harus prepare dari rumah, browsing di internet tentang produk yang akan kita bicarakan nanti. Jangan prepare dadakan, karena hal tersebut bukanlah suatu tindakan yang bagus. Gunakan gadget kalian yang mahal itu untuk mengoptimalkan persiapan kalian, tuh gadget gunakan dengan benar bukan buat status galau, posting poto alay, berdoa di status BBM (emang Tuhan pakai BBM), nanti kalau Sunami baru ingat Tuhan. -__-

Tips sederhana MC:
- Penampilan (Performance) harus optimal. Karena kalau ada klien yang ingin menggunakan jasa kita dan ingin mengajak bertatap muka, penampilan itu yang utama. Memakai pakaian yang rapi bila perlu yang ternama dan mahal, bawa handphone mahal. Tujuannya buat apa? Supaya klien merasa down sehigga mereka tidak memberikan kita harga murah. Ketika ketemu dengan klien jangan langsung mengatakan nominal tarif jasa kita, tapi tanya dulu berapa lama acaranya, acarnya tentang apa, pakaian yang harus dikenakan dan lain sebagaianya. Harga jangan langsung disebut tapi ulur dulu, buat klien kita nyaman.
- Sikap harus dijaga.
- Gunakan bahasa yang baik agar menambah nilai plus buat kita dimata mereka.

Persiapan seorang MC itu harus dari jauh hari sebelum acara dimulai. Kenali jenis acara yang akan kita pandu, kordinasi dengan panitia, serta usahakan gladi bersih minimal 1 jam sebelum acara dimulai (kalau memungkinkan).

Ketika sudah berbicara, usahakan jangan sampai ada kata yang berulang atau kalimat yang susunan katanya tidak bagus, seperti (kepada bapak gubernur, dipersilahkan untuk maju kedepan) *yang namanya maju pasti kedepan, tidak mungkin maju itu kebelakang. Jika seperti ini namanya pemborosan kalimat jadi upayakan untuk menghindari kalimat-kalimat seperti ini.

Hooaahh (menguap lebar), cukup sekian materinya. Demikianlah yang sempat saya tulis pada gadget saya. Mudah-mudahan bermanfaat, jika tidak bermanfaat coba di kasih kecap dan saus cabai, siapa tau akan lebih terasa nikmat. *ga nyambung? abaikan.

Author:

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan menggunakan opsi Name/URL. Mohon jangan komentar SPAM..! Karena komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya
Terimakasih...!!!