Tes TOEP dan TKDA

Kartu Peserta Tes TKDA


Kartu Peserta Tes TOEP
Pengalaman saya ikut tes TKDA dan TOEP cukup mengasikkan karena selain ini pertama kali saya mengikuti tes, tesnya juga bersama rekan-rekan saya yang lainnya. Tes ini dilakukan ditempat dan waktu yang sama dengan dibagi menjadi 2 (dua) sesi.

Sesi pertama TKDA (Tes Kemampuan Dasar Akademik) adalah tes yang mengukur potensi akademik peserta tes untuk berbagai keperluan, waktu itu saya ikut untuk tes mendapatkan NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional).

Distribusi soal dan waktu adalah sebagai berikut:


Tes ini dilakukan secara online dan terpusat, kita butuh strategi dalam menyelesaikan soal-soal karena waktu pengerjaan sudah diatur langsung dari komputer server. Selesai mengerjakan soal, hasilnya akan langsung tertera pada monitor komputer dihadapan kita jadi sistemnya secara transparan apakah kita lulus atau tidak lulus dan harus mengulangi tes kembali dilain waktu.

Alhamdulillah hasil yang saya dapatkan untuk tes TKDA cukup memuaskan karena termasuk kategori LULUS.

Sesi ke-dua TOEP, Uji Kompetensi Bahasa Inggris yang selanjutnya disebut Test of English
Proficiency, disingkat dengan TOEP merupakan tes untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris peserta tes untuk berbagai keperluan di Indonesia, yang diselenggarakan melalui internet (online) secara real-time. Penyelenggara TOEP adalah TEFLIN, yang dalam pelaksanaannya dapat bekerjasama secara selektif dengan pihak lain, misalnya Perguruan Tinggi atau lembaga lainnya yang memenuhi syarat. Tes TOEP terdiri atas 100 butir soal dengan alokasi waktu 105 sampai 110 menit.

Distribusi waktu sebagai berikut:
Butir soal Listening hanya disajikan sekali (tidak diulang). Butir soal Reading disajikan di layar dan bisa diulang-ulang sampai waktu tes habis.

Untuk tes yang ke-dua ini, alhamdulillah saya belum mendapatkan hasil yang cukup memuaskan karena termasuk kategori TIDAK LULUS. Bagaimanapun juga, saya tetap harus mensyukuri hasil yang saya dapatkan dan belajar dari kesalahan untuk kedepannya supaya ketika tes kembali saya mendapatkan hasil yang memuaskan. Jadi saya harus mengikuti tes TOEP kembali dilain kesempatan sampai nilai yang saya dapatkan memenuhi standar yang telah ditetapkan, tetap semangat \^o^/

Author:

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan menggunakan opsi Name/URL. Mohon jangan komentar SPAM..! Karena komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya
Terimakasih...!!!